Praktek Segitiga Restitusi (Tugas Demostrasi Kontekstual 1.4 Budaya Positif)
Teks Skenario
Kasus 1 (Tidak Mengumpulkan PR)
Guru: Baik Rizki.. Rizki tahu nggak kenapa bapa panggil ke sini?
Siswa: Enggak tahu pak..
Guru: Tadi Rizki mengerjakan PR?
Siswa: Ngerjain pak.. ngerjain..
Guru: Tapi kenapa tidak dikumpulkan?
Siswa: Ketinggalan pak..
Guru: Rizki mungkin bukan satu-satunya yang tidak mengumpulkan PR ya..
Siswa: Iya pa
Guru: Kemudian. Adakah cara yang lebih efektif untuk mendapatkan yang Rizki butuhkan? Supaya tidak lupa membawa PR.. Apa kira-kira?..
Siswa: Menyiapkan buku sebelum tidur
Guru: Baik, jadi sebelum sekolah nanti Rizki harus menyiapkan dulu ya buku dan PR nya.
Siswa: Iya pak..
Guru: Kemudian, kira-kira apa yang terjadi jika Rizki selalu mengerjakan dan mengumpulkan PR tepat waktu?
Siswa: Nilainya jadi lebih besar pak..
Guru: Nilai besar.. Terus apa lagi?
Siswa: Disiplin
Guru: Seneng gak?
Siswa: Seneng pak..
Guru: Seneng yah.. dibandingkan kalau kita nggak ngerjain PR kita akan merasa gelisah, takut, atau merasa bersalah
Siswa: Iya pa..
Guru: Jadi Rizki setelah ini mau nggak mengerjakan dan mengumpulkan PR tepat waktu?
Siswa: Mau pak..
Guru: Baik, terimakasih Rizki.. Silakan duduk kembali..
Tanggapan murid:
"Awalnya saya merasa deg-degan ketika dipanggil, tepi setelah dipanggil saya merasa lebih bahagia karena bisa menjadi pribadi yang lebih baik"
Kasus 2 (Telat Masuk Kelas)
Guru: Baik Riza, bapak lihat tadi kamu telat masuk kelas. Betul?
Siswa: Betul pak..
Guru: Kenapa Riza?..
Siswa: Tadi habis nganteri Prince pak ke toilet..
Guru: Oh nganterin Prince, ngapain Prince di kamar mandi?
Siswa: Enggak tahu pak tadi disuruh nungguin aja
Guru: Oh begitu, berarti yang salah siapa?
Siswa: Saya pak
Guru: Baik, berarti Riza merasa bersalah yah.. Temen kamu kira-kira ada enggak yang telat seperti ini?
Siswa: Ada kayaknya pak..
Guru: Ada yah.. Jadi Riza gak usah terlalu merasa bersalah..
Siswa: Baik pak..
Guru: Riza sering telat gak?
Siswa: Enggak pa?
Guru: Kenapa?
Siswa: Ya karena kalau udah bel harus langsung masuk kelas pa
Guru: Kira-kira apa nilai yang Riza yakini sehingga Riza masuk kelas tepat waktu?
Siswa: Tepat waktu pak..
Guru: Baik. Jika Riza setiap hari selalu datang tepat waktu apa yang akan terjadi pada Riza?
Siswa: Lebih displin pak..
Guru: Disiplin.. Ada lagi?..
Siswa: Tenang pak..
Guru: Baik, dengan Riza terbiasa datang tepat waktu maka ini juga akan bermanfaat untuk Riza ketika sudah kerja nanti.
Siswa: (mengangguk)
Guru: Baik, terimakasih Riza silakan duduk kembali
Tanggapan murid:
"Awalnya saya merasa deg-degan ketika dipanggil, tepi setelah dipanggil saya merasa biasa aja pak, gak deg-degan lagi."
Posting Komentar untuk "Praktek Segitiga Restitusi (Tugas Demostrasi Kontekstual 1.4 Budaya Positif)"