Praktek Segitiga Restitusi (Tugas Demostrasi Kontekstual 1.4 Budaya Positif)

 Teks Skenario

Kasus 1 (Tidak Mengumpulkan PR)

Guru: Baik Rizki.. Rizki tahu nggak kenapa bapa panggil ke sini?

Siswa: Enggak tahu pak..

Guru: Tadi Rizki mengerjakan PR?

Siswa: Ngerjain pak.. ngerjain..

Guru: Tapi kenapa tidak dikumpulkan?

Siswa: Ketinggalan pak..

Guru: Rizki mungkin bukan satu-satunya yang tidak mengumpulkan PR ya..

Siswa: Iya pa

Guru: Kemudian. Adakah cara yang lebih efektif untuk mendapatkan yang Rizki butuhkan? Supaya tidak lupa membawa PR.. Apa kira-kira?..

Siswa: Menyiapkan buku sebelum tidur

Guru: Baik, jadi sebelum sekolah nanti Rizki harus menyiapkan dulu ya buku dan PR nya.

Siswa: Iya pak..

Guru: Kemudian, kira-kira apa yang terjadi jika Rizki selalu mengerjakan dan mengumpulkan PR tepat waktu?

Siswa: Nilainya jadi lebih besar pak..

Guru: Nilai besar.. Terus apa lagi?

Siswa: Disiplin

Guru: Seneng gak?

Siswa: Seneng pak..

Guru: Seneng yah.. dibandingkan kalau kita nggak ngerjain PR kita akan merasa gelisah, takut, atau merasa bersalah

Siswa: Iya pa..

Guru: Jadi Rizki setelah ini mau nggak mengerjakan dan mengumpulkan PR tepat waktu?

Siswa: Mau pak..

Guru: Baik, terimakasih Rizki.. Silakan duduk kembali..


Tanggapan murid:

"Awalnya saya merasa deg-degan ketika dipanggil, tepi setelah dipanggil saya merasa lebih bahagia karena bisa menjadi pribadi yang lebih baik"


Kasus 2 (Telat Masuk Kelas)

Guru: Baik Riza, bapak lihat tadi kamu telat masuk kelas. Betul?

Siswa: Betul pak..

Guru: Kenapa Riza?..

Siswa: Tadi habis nganteri Prince pak ke toilet..

Guru: Oh nganterin Prince, ngapain Prince di kamar mandi?

Siswa: Enggak tahu pak tadi disuruh nungguin aja

Guru: Oh begitu, berarti yang salah siapa?

Siswa: Saya pak

Guru: Baik, berarti Riza merasa bersalah yah.. Temen kamu kira-kira ada enggak yang telat seperti ini?

Siswa: Ada kayaknya pak..

Guru: Ada yah.. Jadi Riza gak usah terlalu merasa bersalah..

Siswa: Baik pak..

Guru: Riza sering telat gak?

Siswa: Enggak pa?

Guru: Kenapa?

Siswa: Ya karena kalau udah bel harus langsung masuk kelas pa

Guru: Kira-kira apa nilai yang Riza yakini sehingga Riza masuk kelas tepat waktu?

Siswa: Tepat waktu pak.. 

Guru: Baik. Jika Riza setiap hari selalu datang tepat waktu apa yang akan terjadi pada Riza?

Siswa: Lebih displin pak..

Guru: Disiplin.. Ada lagi?..

Siswa: Tenang pak.. 

Guru: Baik, dengan Riza terbiasa datang tepat waktu maka ini juga akan bermanfaat untuk Riza ketika sudah kerja nanti. 

Siswa: (mengangguk)

Guru: Baik, terimakasih Riza silakan duduk kembali


Tanggapan murid:

"Awalnya saya merasa deg-degan ketika dipanggil, tepi setelah dipanggil saya merasa biasa aja pak, gak deg-degan lagi."


Video Prakek Segitiga Restitusi



Posting Komentar untuk "Praktek Segitiga Restitusi (Tugas Demostrasi Kontekstual 1.4 Budaya Positif)"