koneksi materi Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Sebagai Kempimpin Pembelajaran


 

Assalamualaikum. 

Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan selam semoga Allah curahkan kepada panutan kita Nabi Muhammad SAW.

Salam hormat kepada Bapak Harjono, Ibu Hj. Ade Fatmawati, dan seluruh pembaca.

Saya akan memaparkan koneksi materi Modul 3.1 tentang “Pengambilan Keputusan sebagai pempimpin pembelajaran” dengan materi pada modul-modul sebelumnya.

Sebelumnya, setelah mempelajari modul 3.1 saya ingin menyampaikan 3 perubahan yang saya alami sebagai berikut:

1. Perubahan Pengetahuan

Awalnya, saya mengira bahwa kepala sekolah yang ideal hanya memutuskan berdasarkan peraturan yang berlaku. Namun, ternyata kepala sekolah yang bijak adalah yang mempertimbangkan banyak hal dan mau mendengar informasi dari berbagai pihak. Dengan begitu keputusan yang bijak bisa dibuat.

2. Perubahan Keterampilan

Dalam membuat keputusan biasanya saya saklek dan cepat, tanpa piker panjang. Namun kini saya belajar bahwa keterampilan pengambilan keputusan harus mempertimbangkan banyak hal.

3. Perubahan Sikap

Kini saya memilih untuk lebih hati-hati dalam membuat keputusan. Dengan keterampilan pengambilan keputusan seabagai pemimpin pembelajaran, saya bisa menggunakan alat-alat seperti 3 prinsip, 4 metode, dan 9 langkah untuk menguji keputusan yang akan saya ambil.

Koneksi Dengan Materi Sebelumnya

Modul 3.1 tentang "Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran" merupakan salah satu dari pembelajaran dalam Program Calon Guru Penggerak. Materi ini terintegrasi dengan konsep dan keterampilan yang telah dipelajari sebelumnya,.

Materi ini juga bisa menjadi pondasi bagi guru dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran.

Berikut adalah koneksi Modul 3.1 dengan Modul-modul sebelumnya:

Modul 1.1 Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara (KHD)

Setiap keputusan yang diambil oleh seorang guru harus selaras dengan filsafat pendidikan nasional. Guru harus selalu berpegang pada nilai-nilai filosofi KHD seperti berpusat pada siswa, prinsip-prinsip Pancasila dan tujuan pendidikan nasional dalam setiap keputusan yang diambil.

Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Seorang guru penggerak harus memiliki nilai-nilai Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Peserta didik dalam mengambil keputusan. Nilai-nilai ini akan memandu guru dalam memilih alternatif yang terbaik untuk kepentingan peserta didik.

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Semua keputusan yang diambil harus sejalan dengan visi pribadi yang telah guru guru penggerak buat. Saya pribadi memiliki visi “Terwujudnya siswa yang Bahagia dunia akhirat”.

Modul 1.4 Budaya Positif

Pengambilan keputusan yang dibuat hendaknya juga mendukung proses pembentukan budaya positif di sekolah. Jadi tidak bertentangan dengan kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, restitusi dan posisi lima kontrol.

Modul 2.1 Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

Terkadang, dalam proses pembuatan keputusan banyak sekali pihak yang terlibat dan perlu untuk dipertimbangkan, mulai dari individu hingga kelompok tertentu. Namun, setiap keputusan yang diambil harus selalu mempertimbangkan dan mengutumakan kebutuhan dan karakteristik individu peserta didik.

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

Dalam keterampilan pengendalian social emosional yang baik maka CGP diaharapkan bisa menghasilkan keputusan yang lebih bijak. Karena keputusan yang diambil dalam kondisi emosi tidak stabil cenderung tidak akan baik

Tentunya, dalam pengambilan keputusan, guru juga harus memperhatikan aspek sosial dan emosional peserta didik. 

Dengan begitu, keputusan yang diambil dapat mendukung perkembangan sosial emosional peserta didik dengan baik.

Modul 2.3 Coaching

Keterampilan coaching sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan. Guru dapat menggunakan keterampilan ini untuk memahami perspektif peserta didik, memberikan dukungan emosional, dan memfasilitasi proses pengambilan keputusan bersama.

Kesimpulan

Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan pertimbangan yang matang. Dengan menghubungkan materi-materi sebelumnya, CGP dapat mengambil keputusan yang lebih bijak, baik, dan efektif dalam mencapai tujuan.

Sekian, kurang lebihnya mohon maaf.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Posting Komentar untuk "koneksi materi Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Sebagai Kempimpin Pembelajaran "